Menyambut Hajatan Besar 3 Tahun Sekali, Tahun Tanah dan Rampak Genteng Jatiwangi, Majalengka

Source: infomjlk.id

InfoMJLK.id -- Setiap tiga tahun sekali, masyarakat Jatiwangi, Majalengka punya hajatan besar; Tahun Tanah. Acara yang pada mulanya diinisiasi oleh Jatiwangi art Factory (JaF) pada tahun 2012 yang berupaya mengidentifikasi ragam perihal tanah di Jatiwangi dan sekitarnya, telah berkembang menjadi pesta tiga tahunan yang selalu dirayakan, dengan puncak dari perayaan Tahun Tanah tersebut adalah Rampak Genteng. 

Menyambut Tahun Tanah kali ini,  pada tanggal 30 Mei 2024 di Jatiwangi, seluruh elemen masyarakat dan pemerintah daerah secara gotong royong menyelenggarakan Kick Off Tahun Tanah menuju Rampak Genteng pada November mendatang. Sebagai awalan rembug dengan ekosistem masyarakat terkait. 

Dalam acara tersebut,16 kepala desa di Kecamatan Jatiwangi beserta jajaran Muspika menerima plakat Tanah dari Disparbud Majalengka sebagai bentuk apresiasi karena telah konsisten merawat kebudayaan tanah, khususnya Rampak Genteng. 

Selanjutnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka menyoroti keberhasilan Rampak Genteng tahun sebelumnya sebagai salah satu event terbaik Nasional. Direktur PTLK Ditjenbud Kemendikbudristek, Bapak Restu Gunawan turut mendukung Tahun Tanah serta Rampak Genteng sebagai upaya mewujudkan Kawasan Pemajuan Kebudayaan serta pentingnya penguatan aspek penelitian terhadap tanah secara material sebagai sumber daya budaya. 

Menurut paparan dari Direktur Jatiwangi art Factory, Ismal Muntaha, saat ini Majalengka sudah ditetapkan sebagai salah satu model dari kawasan pemajuan kebudayaan oleh kemendikbudristek, yang sudah dimulai melalui

Musrenbang Kebudayaan yang diselenggarakan atas Kerja bersama antara JaF, Bappenas, dan Kemendikbudristek pada Pekan Kebudayaan Nasional 2023. Penetapan tersebut berdasarkan dari kerja-kerja kebudayaan yang telah banyak terselenggara di Kabupaten Majalengka, salah satu pemantiknya adalah rangkaian kegiatan yang menjadi tradisi dan ritual baru yang terjadi di Tahun Tanah, seperti; Binaraga antar pekerja pabrik genteng, pameran Triennale Terracotta, Bakar Berjamaah, dan Rampak Genteng. 

Rencananya Tahun Tanah 2024 ini akan banyak terjadi berbagai peristiwa budaya yang menyebar dan menjalar dari hulu pegunungan Ciremai hingga mengutara ke tanah datar Majalengka.

#tahuntanah #tahuntanah2024 #rampakgenteng #rampakgenteng2024 #berkahtanah #kawasanpemajuankebudayaan #jatiwangi #majalengka

Post a Comment

0 Comments