Replika Kampung Adat Sunda akan Dibangun di Majalengka

Source: ilustrasi kampung budaya sindang barang

InfoMJLK.id -- Replika kampung adat Sunda  akan dibangun di Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka. Replika Kampung Adat Sunda tersebut akan menjadi sebuah kawasan yang mewakili sekitar 13 kampung adat yang ada di Jawa Barat dan Banten. 

Penggagas sekaligus Dekan FISIP Unpas Dr. Kunkunrat, melalui jabarprov.go.id menjelaskan, ide awal pembuatan Kampung Sunda tersebut karena keprihatinan atas kondisi kampung adat yang ada sekarang. 

Dari keprihatinan tersebut, munculah ide mendirikan kampung Sunda yang akan menjadi etalase kampung adat di tatar Pasundan. Gayung bersambut dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

Meskipun belum bisa memastikan waktu pembangunannya, namun Kampung Sunda tersebut akan menjadi semacam 'Taman Mini' - nya Jawa Barat, dan bisa menjadi destinasi wisata budaya. 

Para penghuninya nanti direkrut dari penduduk setempat dengan pembekalan pengetahuan adat terlebih dahulu, mereka semacam pekerja yang dibagi dalam beberapa shift selama 24 jam, sedangkan pengelola Kampung Sunda nanti dari Unpas sendiri, dibantu beberapa tenaga ahli dan praktisi budaya.

Post a Comment

0 Comments